Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan – Kemiri adalah salah satu jenis rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan juga rempah-rempah. Tapi orang Indonesia biasanya menggunakan kemiri sebagai bumbu penyedap masakan dan juga sebagai obat untuk membantu menjaga kesehatan rambut. Untuk rambut yang rontok, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri bisa Anda buat sendiri dirumah, atau bisa juga dengan membeli minyak kemiri yang sudah dalam botolan yang dijual.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan

MANFAAT KEMIRI UNTUK DIARE

Salah satu manfaat minyak kemiri untuk kesehatan adalah untuk mengatasi penyakit diare. Kandungan yang ada di dalam kemiri salah satunya adalah saponin. Saponin merupakan salah satu senyawa yang mempunyai manfaat sebagai antimikrobia untuk peradangan dan juga antikarsinogenik. Antimikroba ini bisa membantu membunuh racun yang menjadi penyebab dari penyakit diare. Diare bisa disebabkan juga karena bakteri dan infeksi virus. Manfaat kemiri untuk membantu mengatasi penyakit diare adalah caranya dengan mengambil 20 gram julit batang kemiri yang masih segar dan setelah itu ditumbuk sampai halus. Kemudian rebuslah batang kulit kemiri yang sudah halus tadi dengan air sebanyak 600 cc air hingga airnya mencapai setengahnya saja. Dan minumlah dua kali sehari.

KEMIRI UNTUK AMBEIEN

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan selain untuk penyakit diare adalah untuk mengatasi penyakit ambeien. Ambeien merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena berbagai hal, salah satunya adalah karena gaya hidup atau pola hidup yang tidak sehat. Kandungan yang ada di dalam kemiri salah satunya adalah flavonoid yang bisa membantu melindungi struktur sel, untuk peradangan dan juga sebagai zat antibiotik alami yang mengandung polifenol yang mempunyai fungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Peradangan atau inflamasi yang terjadi pada mereka yang mengalami wasir bisa mengganggu kehidupan mereka sehari-hari. Untuk mengatasi inflamasi dan meredakan inflamasi yang terjadi dengan menggunakan kemiri. Caranya adalah 20 gram kulit batang kemiri kemudian direbus dengan menggunakan 400 cc air sampai yang tersisa hanya 200 cc air saja. Dan setelah itu, kemudian saring dan tunggu hingga hangat, minum airnya.

KEMIRI UNTUK RAMBUT

Selain untuk penyakit ambeien dan diare. Kemiri mempunyai khasiat yang udah populer yakni untuk membantu menghitamkan rambut, menumbuhkan rambut, mengatasi kerontokan, menumbuhkan jambang, menumbuhkan alis, dan manfaat minyak kemiri untuk kesehatan mencegah terjadinya kerontokan rambut, serta meluruskan rambut.

Manfaat minyak kemiri untuk kecantikan beberapa diantaranya adalah untuk memabantu mengencangkan kulit. Karena kandungan alami yang ada di dalamnya adalah akndungan vitamin E yang sangat tinggi di dalam minyak kemiri mempunyai manfaat baik untuk steroid kulit yang akan membuat kulit tubuh menjadi lebih elastis dan kekencangan kulit menjadi lebih terjaga.

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan membantu mengatasi masalah kanker kulit. Dengan secara menyeluruh kandungan dari vitamin E, saponin, antioksidan yang paling penting adalah flavonoid serta polifenol yang mempunyai kegunaan untuk membantu mencegah terjadinya radikal bebas yang menyerang permukaan kulit yang bisa menjadi pemicu terjadinya kanker kulit.

Manfaat minyak kemiri untuk wajah adalah membantu mencegah terjadinya keriput dini. Karena jika kulit kita sehat dan terjaga kelembapannya maka secara tidak langsung juga akan membantu memperpanjang usia dari kulit kita dan hal ini juga mencegah terjadinya masalah penuaan dini yang ditandai dengan keriput pada wajah.

Sedangkan manfaat minyak kemiri untuk bayi adalah untuk membantu menyuburkan kesehatan rambut bayi. Kesehatan rambut bayi harus dijaga kesehatannya. Manfaat minyak kemiri untuk bayi adalah untuk menghitamkan rambut, membantu menumbuhkan kembali rambut, serta menebalkan rambut, dan beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa minyak kemiri juga baik untuk membantu mencegah terjadinya ketombe pada orang dewasa, membantu mengatasi masalah kerontokan rambut.

Sedangkan manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut anak adalah untuk membuat rambut bayi menjadi terlihat lebih tebal.

Manfaat minyak kemiri untuk kulit adalah seagai tabir surya alami. Karena kandungan senyawa yang ada di dalam minyak kemiri merupakan kandungan senyawa yang baik sehingga mempunyai manfaat untuk membantu menangkal tadikal bebas serta juga menangkal radiasi yang terjadi dari sinar UV dari matahari, sehingga bisa Anda gunakan sebagai tabir surya yang alami dan herbal. Selain itu, manfaat lain dari minyak kemiri adalah untuk membantu meremajakan kulit. Pemijatan yang dilakukan dengan menggunakan minyak kemiri di percaya bisa membantu melancarkan sistem peredaran darah dibawah kulit, sehingga membantu untuk proses regenerasi sel di permukaan kulit.

Cara membuat lulur minyak kemiri dirumah bisa Anda lakukan. Caranya adalah ambil sekitar 10 biji buah kemiri kemudian dihaluskan setelah itu ditambah dengan secangkir santan atau juga susu. Dan jika sudah tercampur dengan merata, kemudian ditambahkan dengan sesendok jahe yang diparut. Ramuan lulur kemiri akan bisa digunakan. Untuk menggunakannya maka ratakan atau oleskan pada lulur kemiri pada kulit yang mengalami masalah. Kemudian gosoklah dengan pelan sehingga sel kulit juga akan terangkat. Jika sudah bersih, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

This entry was posted in Manfaat Minyak Kemiri and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.